Tahun 2018,Pemkab Tulang Bawang Barat Bangun Pasar Modern…

Tulang Bawang Barat|Pada Bulan Juli 2018 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, melakukan terobosan baru, pembangunan Pasar Modern Tubaba dilakukan diatas lahan seluas 20.000 meter persegi.

Menurut Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan,SE.MM, pasar modern Tubaba ini rencananya dibangun menjadi pasar terlengkap di Tubaba, selain menjadi pusat perekonomian masyarakat Tubaba, pasar ini juga dikonsep sebagai pasar wisata kuliner.

“Saya dan Pak Bupati Umar Ahmad berharap pembangunan pasar ini akan menjadi perhatian dan menarik minat masyarakat luar kabupaten Tubaba, untuk singah berbelanja dan menarik minat pengusaha untuk turut berjualan di pasar modern ini, dan dalam penempatannya nanti, pasar ini tetap mengutamakan pedagang lama, akantetapi kami tetap membuka diri untuk para pengusaha luar yang berminat membuka usaha baru di pasar modern ini,” Kata Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan kepada media Senin (26/3/2018).

Lanjut Fauzi, dirinya dan Bupati merasa bangga, sebab pembangunan pasar tersebut mendapat dukungan penuh dari pedagang dan masyarakat di kabupaten Tubaba.

“Kami bangga dengan semua dukungan masyarakat terutama pedagang, rencana pembangunan pasar modern sudah dimulai, kita siapkan pasar sementara lalu para pedagang pindah dengan sendirinya tanpa meminta imbalan gantirugi, dukungan inilah yang membuat pemkab terus bersemangat melakukan pembangunan, setelah bangun modern ini selesai mereka tetap yang diutamakan, kita berharap pasar ini akan lebih ramai setelah di bangun nanti,” Ujar Wakil Bupati Tubaba.

Dijelaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Iwan Mursalin, bahwa Pasar Modern yang terletak di Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah ini akan dibangun di atas lahan seluas 2 hektar, dengan 2 lantai yang terbagi untuk lokasi pasar basah di lantai bawah dan pusat pada lantai atas, dan pembangunan akan dilaksanakan selama 24 bulan dan ditargetkan akan rampung pada Juli 2020.

“Untuk lantai 1 berukuran 12.000 M2 sedangkan Luas Lantai  2 ukuran 7.500 M2, semua kontruksi kita buat permanen dengan desain modern, di lantai satu nanti ada kios besarnya sekitar 60 unit,  kios sedangnya ada 172 unit,  dan Los basahnya ada 110 unit,  sementara los kering sebanyak kurang lebih 164 Unit,” Kata Iwan Mursalin Kepala Dinas PUPR Tubaba yang didampingi Kabid Cipta Karya Firmansyah pada Selasa (27/3/2018).

Lanjutnya, Sedangkan untuk Lantai 2 terdapat kios besar sekitar 8 unit, kios sedang 300 unit, los basah 101 unit, sedangkan untuk desain bangunan pasar ternak mencapai 640 meter persegi  dengan dimensi bangunan panjang 168 meter dan lebar 72 meter‎‎.

“Pembangunan pasar Tubaba ini menggunakan dana pinjaman daerah sebesar Rp79,4 miliar dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), alhamdulillah telah disetujui menteri keuangan beberapa waktu lalu, sekarang tahapannya sudah kita mulai dengan diawali pembersihan lokasi pembangunan sedang dilakukan,” Ujar Iwan.

Kepala Dinas PUPR Tubaba juga mengatakan, Pasar Modern Tubaba di bangunannya di konsep dengan bentuk modern akan tetapi proses penggunaannya dan suasana aktivitas pasar dilakukan dengan tradisional.

“Kalau kontruksi gedung kita buat permanen dan se-modern mungkin, dalam konsep pasar modern ini kita berharap akan memunculkan kesadaran masyarakat dalam mengutamakan Kebersihan dan kenyamanan, semoga selama pembangunan itu berjalan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” imbuhnya. (Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *