Pesona Alam Desa Oganjaya,Cocok Di Jadikan Destinasi Agrowisata Lampura…

Kamu Bisa Download ini:

Lampung Utara(LN)| Desa Oganjaya Kecamatan Abung Pekurun Kabupaten Lampung Utara diam-diam menyimpan satu pesona alam yang mampu dijadikan potensi asli daerah dengan titik tekan pada agrowisata. Wilayah tersebut banyak ditemukan perkebunan lada, kopi, karet, dan perkebunan sawit milik warga setempat.

Belum lagi sebuah aliran Sungai Way Abung yang mengaliri Desa Oganjaya. Saat ini, aliran sungai tersebut dimanfaatkan warga setempat untuk berbagai keperluan, seperti mengairi persawahan serta kolam perikanan air tawar.

Dengan air yang jernih dan terjaga keaslian alamnya, aliran Sungai Way Abung di desa tersebut juga dapat dijadikan objek lintasan olahraga air arung jeram.

“Kontur sungai yang berbatu menjadikan arus di aliran Sungai Way Abung dalam kondisi normal dapat dijadikan objek wisata alternatif dan lintasan olahraga air arung jeram,” kata Kepala Desa Oganjaya, Juanda, saat diwawancarai, Minggu, (21/07/2018), di pinggir aliran Sungai Way Abung.

Dikatakannya lebih lanjut, pamong Desa Oganjaya sedang merencanakan untuk mengelola aset-aset desa yang berpotensi agar mampu meningkatkan pendapatan asli desa.

“Pada prinsipnya, aset yang ada di desa ini masih banyak yang dapat dieksplorasi dengan tetap menjaga khasanah kekayaan alam yang dikandung di dalamnya,” jelas Juanda.

Sementara itu, Deferi Zan, Bakal Calon Legislatif dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), menyampaikan, Desa Oganjaya merupakan salah satu aset daerah di Kabupaten Lampung Utara yang belum tersentuh secara maksimal.

“Kedepannya, kita akan berupaya untuk mewujudkan grand design yang telah dirancang oleh aparatur desa setempat. Langkah yang akan dilakukan tentunya diawali dengan melakukan pemetaan dan penataan wilayah,” papar Deferi Zan.

Dikatakannya, setelah langkah pemetaan dan penataan wilayah untuk kemudian dilakukan optimalisasi perencanaan.

“Sehingga, aset wilayah yang dapat dijadikan agrowisata maupun wisata olahraga air tidak merusak cagar alam serta tetap menjaga kearifan budaya lokal,” papar Deferi Zan.

Dirinya berharap, potensi asli desa yang ada di Desa Oganjaya Kecamatan Abung Pekurun dapat dikembangkan dan mendapat perhatian Pemkab Lampura. (tim)

Kamu Bisa Download ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *