WoW!!! Ternyata Kualitas Laporan Keuangan dan Standar Akuntansi Pemkab Tuba Di Nilai Lsm Cakra Institut,Rendah…

Kamu Bisa Download ini:

Tulang Bawang,(LN)|Kualitas laporan keuangan,guna melakukan penerapan standar akuntansi pemerintah,dan sistem pengendalian intern,serta kualitas sumber daya manusia untuk mencapai Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah masih di terapkan secara perlahan.

kurangnya Sumber daya manusia yang memahami akrual,dan belum secara intensif pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan peraturan Standar akuntansi pemerintah berbasis akrual.

Hal tersebut di khawatirkan,tingkat penerapan Standar akuntansi pemerintah mempengaruhi kualitas laporan keuangan pada Pemerintah Kabupaten Tulang bawang semakin rendah.

Menurut Ketua Lsm Cakra Institut Wibowo,
“Sistem Pengendalian Intern di Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang  masih Lemah yakni belum tertib nya penatausahaan keuangan, pengelolaan retribusi, pengelolaan persediaan dan pengelolaan aset tetap yang kurang memadai serta penganggaran belanja yang tidak sesuai dengan klasifikasinya.
Jika sistem pengendalian intern lemah, akan banyak ditemukan kasus penggelapan akan aset daerah dan itu akan merugikan negara secara keselurahan. Pengendalian Intern yang baik akan meningkatkan kualitas pengelola keuangan dan keandalan laporan keuangan pemerintah.”ujarnya

Lanjut Wibowo,”Sumber daya Manusia yang terjadi pada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, minimnya alokasi pegawai pada unit pengelola keuangan khususnya penyusun laporan keuangan dan masih kurangnya pemahaman dasar pegawai tentang administrasi keuangan daerah.Alokasi penempatan pegawai yang berlatar belakang akuntansi tidak merata dan belum sesuai dengan tugas dan fungsi pada tiap-tiap SKPD pada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang.”Lanjutnya.

Ketua Lsm Cakra Institut mengharapkan,” Pemerintah Kabupaten  Tulang Bawang dapat meningkatkan Kinerja Laporan Keuangan agar di tahun berikutnya dapat memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian. Dengan secara benar menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah sehingga transformasi ilmu tersebut cepat dan proses penyusunan laporan keuangan berjalan lancar dan baik.”harap Wibowo.

Lebih lugas Wibowo menjelaskan, “memperbaikan Sistem Pengendalian Intern diharapkap semakin rendah tingkat kecurangan akuntansi dan semakin sedikit kasus yang terjadi atas laporan keuangan, dan menjadikan Sumber Daya Manusia berkualitas akan mampu memahami logika akuntansi dengan baik dalam penerapan sistem akuntansi.Meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dan menyalurkan informasi keuangan kepada pelayanan publik.”jelasnya.

“Pemanfaatan kemajuan teknologi informasi perlu dioptimalisasikan oleh pemerintah dalam pembangunan jaringan sistem informasi manajemen sehingga memungkinkan proses kerja pemerintahan terpadu dengan penyederhanaan akses antar unit kerja.”tegasnya.

Terakhir Wibowo sampaikan,”Pemerintah Kabupaten Tulang bawang diharapkan berbenah dalam peningkatan kualitas Sumber daya manusia yang memahami akuntansi berbasis akrual.”tutupnya.

(tim)

Kamu Bisa Download ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *