Way kanan

Harga Sawit Naik Turun,  Minyak Goreng di Pasaran Masih Mahal dan Langka

Kamu Bisa Download ini:

Lampungnet.com | Way Kanan – Dampak kenaikan harga Buah sawit di pasaran naik turun namun di sisi lain di temukan baik di pasar tradisional maupun di Swalayan masih di atas HET serta Langka.

Salah satu petani sawit berinisial AD (45) mengakui bahwa kenaikan harga buah sawit baru kali ini di rasakan para petani sawit, namun juga hal itu tidak sebanding dengan harga pupuk yang mahal dan juga Langka, belum lagi biaya pemeliharaan dalam satu tahun tutur nya.

“Iya harapan saya selaku petani sawit harga ini bisa bertahan, agar semua petani sawit bisa terus merasakan kesejahteraan masyarakat, terkait dengan harga minyak goreng mahal dan langka,  pemerintah punya solusi untuk masyarakat jangan petani sawit nya yang harus mengalami kerugian”, ungkapnya.

Namun di sisi lain, harga minyak goreng di pasaran masih tinggi dan Langka, sehingga hal ini menjadi pertanyaan mengapa kebijakan itu hanya merugikan para petani sawit saja.

Menyangkut tinggi nya harga minyak goreng dan kelangkaan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Way Kanan menggelar sidak harga minyak goreng ke para pedagang di pasar tradisional Gunung Katun dan Minimarket setempat.

Berdasarkan pantauan dan fakta di lapangan bahwa, harga masih tidak sesuai dari harga ketetapan pemerintah, alias masih tinggi. Padahal pemerintah sudah menetapkan harga Minyak goreng premium yakni  Rp.14 ribu rupiah.

Kepala Dinas Perindag Way Kanan Kiki Christanto melalui kabid Perdagangan Yeni Triyana mengatakan bahwa, sebagian sudah sesuai yang diarahkan pemerintah cuma sebagian ada juga yang belum mau melaksanakan.

Dengan alasan, masih beli dengan harga tinggi saat pembelian stock lama. “padahal dua minggu yang lalu, sudah kami sosialisasi kan untuk segera berkomunikasi langsung dengan pemasok”, ungkap Kabid Yeni.

Hal berbeda di katakan salah satu Lapak sawit yang berada di kampung Bumi Ratu kecamatan Umpu Semengguk Andi (40), yang di percaya oleh milik PT. Akro Bumi Mas bahwa harga sawit saat ini pada tanggal (2/2/2022) harga sawit masih di angka 3280/kg, terakhir tgl 29/1/2022 turun Rp.300 rupiah /kg nya, jadi Rp.2980 rupiah tgl 1/2/2022 naik Rp. 100 rupiah/kg, dan hari ini naik lagi menjadi Rp. 3280 rupiah /kg naik sekitar Rp 200 rupiah /kg nya, ungkap pengelola Lapak sawit.

Kamu Bisa Download ini:

Related Articles

Back to top button