Hukum & KriminalLampung Timur

HEBOHHH !!! Oknum Kadus Bumi Emas Batanghari Diduga Pungli Pembuatan Kartu KIS

Kamu Bisa Download ini:

Lampung Timur-(LN) . Lagi- lagi praktek Pungli Terjadi di Salah satu program pemerintah dengan alih – alih membantu warga miskin Untuk Membuat kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) Justru dimanfaatkan segelintir oknum untuk Melakukan Pungli(pungutan Liar) dengan berbagai alasan , dugaan pungli pembuatan kartu KIS ini dilakukan Oleh oknum Perangkat desa, di Desa Bumi Emas , Kecamatan Batanghari , Kabupaten Lampung Timur. Kamis (18/06/2020)

Kartu KIS yang seharusnya diberikan kepada masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis justru dimanfaatkan Untuk meraup keuntungan diri sendiri.

Pasalnya oknum perangkat desa tersebut bukanya membantu justru mengambil kesempatan dalam kesempitan , masih saja ada oknum aparat desa yang berani secara terang-terangan melakukan pungli dan meminta sejumlah uang kepada warga nya untuk pembuatan kartu KIS.

Karmini (65) warga desa bumi emas, saat dikonfirmasi awak media mengatakan ” Saya berfikir Pembuatan Kartu KIS ini gratis tetapi kami justru dipungut biaya sebesar 300ribu rupiah dan setelah Kartu KIS jadi kami diminta lagi oleh kadus sebesar 200ribu rupiah jadi total jumlah uang yang  saya berikan kepada kadus sebesar 500ribu rupiah, Itupun pengambilan uangnya dirumah saya dengan dalih meminta uang tersebut untuk uang jalan sana-sini, ” terangnya karmini.

Ditempat terpisah kadus dusun 04 tugiatno, mengatakan memang benar warga dusun 04, membuat kartu KIS melalui saya. Dan Memang benar Saya meminta sejumlah uang kepada warga saya.

Masih Menurut tugiatno saya juga melakukan pembuatan kartu KIS bekerja sama dengan maysaroh selaku biro jasa yang ada didusun 01, desa bumi emas.
Saya juga setor jumlah uang sebesar 300ribu rupiah kepada maysaroh, dan yang saya buat kartu KIS itu total nya ada 10 kk,” terang kadus tugiatno.

Lanjut Kadus tugiatno mengatakan bahwa anggota BPD desa bumi emas, juga melakukan pembuatan kartu KIS, warga dusun 04, desa bumi emas dan memungut biayaya juga melalui kerja sama maysaroh dusun 01 desa bumi emas, “ujarnya tugiatno.

Ditempat terpisah dirumah BPD desa bumi emas Triman mengatakan memang ada warga dusun 04 yang membuat kartu KIS melalui saya, saya juga kerja sama dengan maysaroh warga desa dusun 01 selaku biro jasa, “ujarnya triman.

Untuk Warga dusun 04, pembuatan kartu KIS itu juga saya minta pungutan biaya sebesar 100ribu rupiah karena buat uang jalan(operasional), yang melalui saya ada 5 kk, dan untuk informasi lebih jelasnya langsung ke maysaroh karena beliau biro jasa nya, ” katanya triman.

Maysaroh saat dikonfirmasi melalui HP, Via WhatsApp, mengatakan saya juga sudah konfirmasi ijin dengan sekdes desa bumi emas bahwa saya membantu warga untuk membuatkan kartu KIS.
Masalahnya saya juga disuruh sekdes untuk bantu warga dan memang saya akui mendapatkan uang jasa sebesar 300ribu rupiah untuk pembuatan kartu KIS tersebut, “jelas maysaroh. (Tim)

Kamu Bisa Download ini:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button