Beranda jakarta Kota Metro Peroleh Peringkat Terbaik SAKIP dan RB Dalam Gelaran Yang Diselenggarakan...

Kota Metro Peroleh Peringkat Terbaik SAKIP dan RB Dalam Gelaran Yang Diselenggarakan Kementrian PANRB

0
Kamu Bisa Download ini:

Lampungnet.com | Jakarta – Kota Metro memperoleh prestasi mentereng dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). Prestasi yang diraih ini, meliputi kinerja birokrasi dan pelayanan di Kota Metro.

Menpan RB sendiri sudah mengeluarkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB), dalam acara penganugerahan SAKIP RB di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Selasa (6/12).

Hasilnya, Kota Metro meraih peringkat terbaik di Lampung dengan SAKIP bernilai B dan RB bernilai B. Dengan hasil ini Kota Metro satu-satunya kabupaten/kota yang RBnya meraih nilai B dibandingkan kabupaten/kota lain yang meraih nilai C atau CC.

Hasil membanggakan Pemerintah Kota Metro ini, tak terlepas dari peringkat Disdukcapil dan DPMPTSP yang meraih nilai A, meningkat dari tahun sebelumnya.

Evaluasi SAKIP dan RB ini sendiri merupakan agenda tahunan dengan upaya menilai perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi, dan akuntabilitas kinerja (assess) dan memberikan saran perbaikan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja (assist).

Menteri PAN-RB H. Abdullah Azwar Anas menyampaikan kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk mendorong percepatan Reformasi Birokrasi dan pelayanan publik di Republik Indonesia.

“Dalam waktu dekat kita akan pilih beberapa pilot project daerah untuk menuju mal pelayanan publik digital,” katanya.

Untuk menuju Indonesia empat besar ekonomi dunia 2050, ia menjelaskan bahwa perluny mempersiapkan ASN yang profesional, SDM yang cukup, dan anak-anak balita Indonesia dengan gizi yang cukup agar kita siap menghadapi tahun 2050 yang akan datang.

Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, program-program reformasi birokrasi saat ini harus berdampak langsung pada masyarakat dan bukan sekadar administratif. Menindaklanjutinya, Kementerian PAN-RB mengambil langkah strategis Reformasi Birokasi tematik yang diharapkan bisa terinternalisasi dalam tata kelola pemerintahan sehingga menghasilkan gerak serentak dalam pemecahan isu strategis Indonesia.

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Metro menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Metro telah mengembangkan Aplikasi E-SAKIP untuk mendukung implementasi SAKIP dan RB di tingkat OPD.

“Untuk mendukung implementasi SAKIP dan RB, Pemerintah Kota Metro sedang mengembangkan aplikasi E-SAKIP yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam implementasi SAKIP dan RB di Kota Metro”, terangnya

Lebih lanjut, Zaki juga menjelaskan bahwa meskipun Kota Metro tidak Menjadi Pilot Project RB Tematik, di tahun 2023 Pemerintah Kota Metro akan menyusun Rencana Aksi Reformasi Birokrasi Tematik sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kota Metro dalam mendukung program Reformasi Birokrasi pemerintah pusat.

Kamu Bisa Download ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here