Tulang Bawang Barat

Disdikbud TUBABA Bersama Balai Bahasa Pemprov Lakukan Sosialisasi Pelatihan Bebandung

Kamu Bisa Download ini:

Lampungnet.com | Tulang Bawang Barat – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) bersama Balai Bahasa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan melakukan pelatihan terhadap 15 orang pemuda yang akan dipilih sebagai peserta bebandung (penyair lampung) pada Senin, 21 Maret mendatang.

Belasan pemuda peserta bebandung yang direkrut dari Tiyuh-tiyuh (Desa) tua di Tubaba itu nantinya bakal dilatih dan dibina oleh seorang pelatih yang berasal dari Tiyuh Gedung Ratu dan 2 orang dari Tiyuh Penumangan.

Badri, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud setempat mengatakan 15 pemuda pemudi tersebut dilatih bebandung untuk nantinya diikut sertakan dalam ajang perlombaan di Kabupaten Tulang Bawang pada bulan Mei mendatang.

“Menurut informasi dari Balai Bahasa kegiatan ini hanya untuk Kabupaten Tulang Bawang dan Tubaba. Artinya nanti yang mengikuti kontes tersebut hanya 2 kabupaten ini,” Ujar Badri saat dijumpai diruang kerjanya pada Kamis, 10 Maret, 2021.

Selain itu Badri juga mengatakan, Bebandung ini kedepannya juga akan terus dilestarikan. Sehingga Bebandung dapat digunakan generasi penerus dalam kegiatan adat Lampung, seperti begawi.

“Setelah selesai perlombaan mereka akan tetap kita bina, sehingga nanti kalau ada kegiatan adat mereka bisa dipakai, salah satunya dengan cara itulah Bebandung bisa tetap lestari ditengah masyarakat. Kedepannya pembinaan akan kita buat agenda rutin, Tubaba inikan kota budaya,” Tandasnya.(al)

Kamu Bisa Download ini:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button